sinergitas lapas muara enim, pemda, polres dan kejaksaan, lahirkan kebijakan penambahan sel tahanan baru

Humas_Lanim. Sinergitas dan Komunikasi yang baik antar stake Holder Instansi terkait merupakan wujud terlaksananya prinsip-prinsip Good Governance . Sinergitas dan Komunikasi yang baik tersebut tentunya memberikan Impact terhadap kebijakan-kebijakan yang positif.

Sinergitas dan Komunikasi yang baik dalam hal ini ruang lingkup Kabupaten Muara Enim di buktikan dengan lahirnya kerjasama dan kebijakan antar Instansi terkait yakni Lapas Muara Enim, Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Polres Muara Enim dan Kejaksaan Muara Enim sepakat untuk melakukan penamabahan Sel Tahanan Baru yang di inisiasi langsung oleh Kalapas Muara Enim. ( Selasa, 19 Januari 2021)

Kalapas Muara Enim, Bapak Herdianto, Amd.IP, SH, M.Si menjelaskan bahwa Seiring dengan Kondisi Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, berdampak terhadap seluruh sektor kehidupan, termasuk jalannya proses penegakkan hukum. Kondisi Lapas yang Over Capicity di tambah dengan pencegahan Covid-19 membuat DirjenPAS mengambil langkah Strategis untuk membatasi penerimaan Tahanan baru agar over capacity tidak membengkak dan tracking interaksi antar penghuni Lapas / Rutan dapat berjalan dengan baik.

“Pembatasan tersebut menumbuhkan tantangan baru yaitu menumpuknya jumlah tahanan yang berada di Kepolisian termasuk di Polres Muara Enim. Pada tanggal 9 Desember 2020 lalu Kapolres Muara Enim yang diwakili oleh Kasat Reskrim melakukan kunjungan dinas ke Lapas Muara Enim dengan salah satu pembahasan adalah upaya dan alternatif solusi menanggulangi overcapacity pada Lapas Muara Enim, diantaranya diperlukan pembangunan kamar isolasi bagi tahanan yang baru masuk di Lapas Muara Enim” Terang Herdianto

“Oleh karenanya atas hal tersebut Lapas Muara Enim menyampaikan Proposal Pembangunan Kamar Isolasi WBP kepada Bupati Muara Enim. dan Alhamdulilah langsung mendapatkan Respon Positif. Pengajuan Proposal tersebut juga di Follow UP oleh POLRES Muara Enim dan Kejaksaan Muara Enim. Hari ini Dinas PU Muara Enim mendatangi Lapas Muara Enim untuk melakukan pemetaan rancangan pembangunan kamar Isolasi” Tambahnya

“Semoga Pembangunan Kamar Isolasi bagi Warga Binaan bisa cepat terlaksana” Harap Herdianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *