Cegah Penyebaran Virus Corona, Lapas Muara Enim Lakukan Penyuluhan dan Pemeriksaan Suhu Tubuh

Humas_Lanim. Merebaknya virus corona atau Covid-19 yang terjadi akhir-akhir ini di lansir AFP, melaporkan berdasarkan informasi WHO telah menginfeksi lebih dari 100 ribu orang di 91 negara secara global.

Menyikapi hal tersebut, dalam rangka upaya preventif, Lapas Muara Enim melakukan Penyuluhan tentang pencegahan Virus Covid-19 serta Pemeriksaan suhu badan dengan alat Infrared Thermometer kepada Pengunjung di Lapas Muara Enim. (Sabtu, 07 Maret 2020)

Petugas kesehtan Lapas Muara Enim menjelaskan kepada pengunjung untuk sering cuci tanga pakai sabun, gunakan masker bila batuk atau pilek, konsumsi gizi seimbang, rajin olahraga dan istirahat cukup, jangan mengonsumsi daging yang tidak di masak, untuk berhati-hati kontak dengan hewan serta bila batuk pilek maupun sesaknafas untuk segera di periksa ke dokter.

untuk diketahui Virus Corona atau Covid-19 merupakan Virus baru penyebab penyakit pernafasan. Novel corona Virus merupakan satu keluarga degan virus penyebab SARS dan MERS.

setelah penyuluhan di lakukan petugas kesehatan Lapas Muara Enim langsung melanjutkan dengan memeriksa Suhu Tubuh pengunjung yang akan membesuk keluarga/kerabatnya yang sedang dalam masa pembinaan di Lapas Kelas IIB Muara Enim.

Pemeriksaan suhu tubuh ini bertujuan untuk melihat tingkat suhu tubuh para pengunjung. seperti yang diketahui bahwa salah satu gejala Virus Corona adalah meningkatnya suhu tubuh.

pengunjung yang sedang mengalami flu diberikan masker oleh petugas kesehatan. Namun apabila suhu tubuh pengnjung lebih dari 37,5 derajat celcius maka pengunjung tersebut untuk segera memeriksakannya ke Dokter terdekat.

Kepala Lapas Muara Enim, Hidayat menjelaskan kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan suhu tubuh yang di lakukan ini sebagai bentuk antisipasi atau pencegahan penularan Virus Corona.

“selain penyuluhan dan pemeriksaan suhu tubuh, kami juga memastikan selalu terjaganya kebersihan lingkungan, menyediakan Hand Sanitizer, dan penyediaan masker” tutur Hidayat.

Hidayat Menambahkan Langkah cepat yang diambil ini sesuai dengan arahan PLT Dirjen Pemasyarakatan yaitu untuk melakukan langkah-langkah pencegahan di lingkungan Lapas.

“Untuk para WBP sendiri, setiap harinya di lakukah skrining kesehatan oleh tim kesehatan Lapas Muara Enim” Tutup Hidayat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *